Home » » Tips Menjepret Foto Candid yang Menarik

Tips Menjepret Foto Candid yang Menarik

Xperia News - Artikel kali ini kita akan membahas tips dan trik yaitu andrography, anda pun sudah paham bukan apa itu andrography candid ? Candid photography adalah salah satu seni fotografi yang mengandalkan insting dan kepekaan fotografer membidik objek yang menarik. Nah di artikel kali ini kita akan memberikan Tips Menjepret Foto Candid yang Menarik. Hasil foto yang biasanya adalah jenis portrait wajah dalam kondisi tidak berpose atau ‘sadar’ kamera ini mempunyai kelebihan yaitu pada human interest dan mood yang berhasil didapat secara candid, dimana semakin natural, spontan dan ekspresif foto tersebut maka akan semakin tinggi nilai jualnya. 

Mungkin dari Anda sudah kerap melakukan foto candid ini, baik dengan menggunakan kamera ponsel maupun kamera 'serius'. Nah, bagi yang belum terbiasa, berikut disajikan sejumlah tips memperoleh foto candid yang ciamik.

andrography


1. Bergeraklah dan Cari Posisi yang Tepat

Saat Anda memotret orang secara candid, Anda tidak bisa seenaknya meminta mereka berpose atau berpindah untuk sebuah komposisi yang diinginkan. Jadi upayakan mendapatkan foto natural dengan kompisisi ciamik tanpa harus berkomunikasi denga subyek. Caranya? Anda harus berpindah dan mencari posisi yang tepat di sekitar subyek. 

2. Jangan Pakai Flash

Aturan pertama, tentu saja hindari pengunaan flash. Sebagai gantinya, cobalah untuk melebarkan aperture dan menggenjot ISO. Hal ini akan membantu Anda dalam pengambilan foto yang baik meski dalam kondisi low-light.

3. Gunakan Lensa Tele

Memakai lensa telephoto adalah cara paling mumpuni untuk membuat kehadiran Anda tidak disadari. Anda bisa berdiri sangat jauh dari subyek namun masih bisa mendapatkan foto close up.

4. Gunakan Mode Burst

Gerakan manusia terkadang susah diprediksi dan Anda kerapkali hanya mendapat satu kesempatan bagus. Jadi, bidiklah sebanyak mungkin dengan bantuan mode burst. Anda akan terkejut melihat hasilnya karena siapa tahu dari foto-foto ini ada satu foto atau lebih yang stand out dan bisa membuat Anda tersenyum puas.

5. Carilah Momen yang Pas

Menangkap gambar orang dalam momen yang pas akan memberikan hasil terbaik. Anda harus bisa sigap ketika menjumpai momentum ini. Tangkap emosi yang dilakukan si subyek yang tengah tertawa, menangis, nyengir, atau apapun.

Kunci utama mendapatkan foto candid adalah dengan membawa kamera kemana saja dalam keadaan siap sedia karena momen-momen menarik bisa datang kapan saja. Dalam konteks ini kamera poket ataupun kamera handphone menjadi lebih fleksibel karena ukurannya yang lebih kecil dari kamera SLR.

Demikian tips dan trik mengenai Tips Menjepret Foto Candid yang Menarik, semoga tips dan trik ini dapat bermanfaat untuk anda yang senang berfotografi menggunakan smartphone.

0 komentar :

Posting Komentar