Home » » Komposisi Fotografi Makro Di Android

Komposisi Fotografi Makro Di Android

Xperia News - Artikel kali ini kami akan membahas tentang tips dan trik yang berhubungan dengan andrography, yaitu Komposisi Fotografi Makro Di Android. Apasih andrography itu ? Penjelasan singkatnya andrography itu adalah fotografer yang mengambil foto-foto menggunakan android dan mengeditnya dengan android. 

Dan di artikel kali ini kita akan membahas Komposisi Fotografi Makro Di Android, penjelasan singkat apa itu fotografi makro adalah aliran fotografi yang melihat segala sesuatu dalam dunia yg lebih kecil guna mengeksplorasi detil dan tekstur sebuah objek yang tidak nampak secara kasat mata. 

andrography

Secara umum hal ini yg menjadi perhatian dalam membuat sebuah foto macro :

1. Fokus 

Foto yg tajam diperoleh dari fokus yang tepat, oleh karena itu dalam macrofotografi focus harus didapat seakurat mungkin. Dengan fokus yang tepat akan menghasilkan gambar yang sempurna.

2. Lighting ( Pencahayaan) 

Yang perlu diperhatikan dalam membuat foto macro dengan lighting (Pencahayaan) adalah : 

- Arah Cahaya 

Jangan sekali-kali melawan cahaya matahari karena kita akan kehilangan detail pada objek selain itu pasti menjadi tidak enak dipandang. Membelakangi matahari adalah posisi terbaik meski tidak salah jika mengatur posisi dari sisi samping
Pencahayaan dalam membut foto macro sangat beragam dan unik, karna para peminat macrophotografi berkreasi dengan caranya masing2. saya merangkum setidaknya ada 4 cara yg biasa digunakan oleh para peminat macrofotografi : 

- Cahaya Matahari 

Cahaya ini sungguh luar biasa buat saya, murah karna tersedia secara gratis dan sempurna karna penyebaran cahaya ke setiap sudut ruang ketajaman merata. 
Saya akan membahas lebih dalam pada pembahasan selanjutnya, tentunya adalah cara yg biasa saya gunakan. 

- Built in Flash dengan  Diffuser. 

Mungkin alat ini yg paling terjangkau dan sangat Variatif. Para peminat menggunakan berbagai macam alat yg ada disekitar kita mulai dari kardus bekas odol sampai botol bekas minuman susu anak2, yg didalamnya dilapisi alumunium foil dan di beri diffuser didepanya. 
Selain murah cahaya yg terlepas dari flash langsung menuju sasaran tembak yg tepat sehingga mengasilkan ketajaman yg sangat baik. Namun bila kita tidak mengatur dengn tepat intenitas cahayanya maka cahaya yg jatuh terasa sangat kuat pada objek. Mungkin kelemahan dari penggunaan alat ini adalah light yg dihasilkan tarasa flat karna cahaya tidak menyebar secara merata. 

3. DOF 

Foto makro akan menjadi lebih indah apabila penerapan DOF yang tepat kita bisa bayangkan jika foto seekor belalang kecil yg tajam dengan background yang penuh dedaunan (terkesan ramai), mungkin akan sangat mengganggu keindahan foto tersebut. Oleh karna itu terapkan DOF yang tepat untuk menghasilkan BG yang lembut. 

4. Ketajaman 

ketajaman menjadi hal mutlak dalam memuat foto makro, percuma saja mendapatkan pembesaran yang maksimal kalau tidak tajam. Ketajaman dipengaruhi banyak factor, yang paling menonjol dan sering kita alami adalah karna guncangan.

5. Komposisi 

Jika foto yang kita hasilkan tajam dengan didukung BG yang lembut akan lebih cantik bila kita mengkomposisinya dengan baik. cara mengkomposisi yg termudah adalah dengan menerapkan rule of third. Kita akan semakin trampil mengkomposisi sebuah foto makro dengan melatih terus menerus.

Nah cara tersebut dapat anda aplikasi kan disemua smartphone android, tidak perlu smartphone android yang memiliki pixel yang besar untuk menghasilkan gambar yang baik, semua itu tergantung pengambilan foto yang anda lakukan.

Demikian tips dan trik tentang Komposisi Fotografi Makro Di Android, Semoga dapat berguna untuk anda yang sangat suka photgraphy menggunakan Android.

0 komentar :

Posting Komentar